apa sih hubungan kohesivitas dengan pengaruh sosial???

by Vivi Adrianty Lestari, November 21, 2010
Kohesivitas adlah multidimensional. Dinamika kelompok yang berbeda telah mengonsep kohgesivitas dalam nenerapa cara.Kenneth Dion menyatakan bahwa kohesivitas membentuk kekuatan sosial, rasa untuk bersatu, ketertarikan antar anggota dan kelompok itu sendiri dan kemampuan kelompok untuk bekerja sebagai tim merupaka semua komponen dari kohesivitas, tetapi kelompok yang kohesif mungkin tidak memiliki semuanya. Suatu kelompok mungkin menjadi kohesif karena anggotanya bekerja dengan baik dengan anggota lain dan berbeda dengan kelompok lain yang menjadi kohesif karena setiap anggotanya memiliki rasa kebersamaan dalam kelompok.

Sedangkan pengaruh sosial adalah usaha untuk mengubah sikap, belief, persepsi atau tingkah laku satu atau beberapa orang. Kuatnya pengaruh sosial, maka seseorang akan berusaha mempertahankan kontrol atas dirinya.

Adanya kohesivitas kelompok, memungkinkan anggota kelompok berusaha untuk mengubah sikap , belief dan persepsinya untuk mempertahankan kelompok, agar mencapai tujuan yang diinginkan agar anggota kelompok merasa puas.

Sumber:
staff.ui.ac.id
 dinkelpsiunair07.wordpress.com
SHARE 0 comments

Add your comment

© Mon Journal! · Designed by Sahabat Hosting